Agar Blog Terkenal

Diposting oleh Ricky_Jo Blog's | 10:05 PM | 0 komentar »

Siapa sih yang gak pengen terkenal blog kita. Punya trafik tinggi, banyak yang ngisi komentar di posting kita, hingga mudah di-index sama mesin pencari. Pagerank-nya tinggi hingga statistik di Alexa dan Technorati yang fantastis. Banyak yang minta nge-link ke blog kita, hingga permohonan pemasangan iklan di blog pun bukan sesuatu yang tidak mungkin.

Lalu apakah hanya dengan menulis posting di blog kita setiap hari blog kita sekonyong-konyong bisa langsung terkenal? Seperti kata-katanya teman saya, 'Monyet aja bisa ngelakuin hal itu'. Seperti hukum alam lainnya, tidak ada kesuksesan tanpa disertai dengan kerja keras. Begitu juga bila ingin blog kita menjadi blog yang terkenal. Rata-rata para seleb blog (blogger yang sudah terkenal) pasti membutuhkan usaha dan kerja keras agar blognya bisa memiliki trafik yang tinggi.

Mungkin sedikit tips bagi mereka yang ingin banget punya blog yang beken, dan ini saya sarikan dari beberapa blog dan e-book yang pernah saya baca:

1. Tips pertama agar blog Anda terkenal adalah menentukan tema blog yang unik. Maksud unik di sini adalah bahwa meskipun blog Anda adalah hanya semacam catatan harian, tapi apabila tampilannya tidak menarik, maka blog Anda dijamin tidak akan dilirik. Contoh blog yang saya anggap unik adalah blog-nya Kang Rohman. Intinya adalah berilah 'nilai, dari blog kita sehingga orang-orang akan selalu datang ke blog kita.
2. Tips kedua adalah sering-seringlah Anda memberi komentar di blog orang lain atau blog-blog yang terkenal. Namun saya sarankan bahwa dalam beri komentar, jangan hanya sekedar memberi komentar lewat saja seperti Pertamax, numpang absen, atau komentar-komenter singkat yang tidak bermakna. Cobalah Anda membaca posting-nya sejenak, lalu berilah komentar yang baik terhadap posting tersebut. Selain ini berguna untuk mempromosikan link blog kita (karena setiap form komentar terdapat isian untuk link blog), juga Anda membangun hubungan yang baik kepada si pemilik blog dan para penggemarnya. Bahasa kerennya, membangun kredibilitas.
3. Tips ketiga adalah sering-seringlah untuk bertukar link dengan para blogger lain. Bila dengan seleb blog Anda tidak bisa, cobalah membangun hubungan dengan para blogger lainnya yang belum terkenal. Dalam hal ini, Anda harus selektif memilih blog-blog yang memiliki potensi menjadi blog yang terkenal. Saya yakin bahwa dengan begitu blog-blog tersebut menjadi terkenal, blog Anda pasti kena 'getah'-nya.
4. Tips keempat adalah libatkan diri Anda pada forum-forum yang terkait dengan isi blog Anda. Ini bisa membantu mengangkat trafik blog Anda dan mempromosikannya di forum-forum tersebut. Cukup sediakan sedikit waktu untuk aktif di forum tersebut dan tinggalkan jejak Anda berupa alamat link blog Anda.
5. Tips kelima adalah selalu meninggalkan jejak link blog Anda pada situs-situs social networking semacam Friendster, del.icio.us, facebook.com, hingga di wikimu. Contohnya, cukup dengan meletakkan link blog saya di sini, maka saya telah meninggalkan jejak blog saya di wikimu, hehehe...
6. Tips terakhir adalah konten. Bagi saya, konten adalah tetap segala-galanya. Bangunlah sebuah konten yang memiliki nilai lebih. Minimal konten yang kita buat tidak usang dan bisa diakses kapan saja. Seringkali kita (para blogger) terjebak dalam memancing trafik dengan mengisi posting yang hangat pada satu waktu saja. Misalnya, sekarang yang lagi ramai adalah tentang wafatnya Soeharto, maka rame-rame kita buat konten tentang Soeharto. Sesaat memang trafik kita pasti naik secara signifikan, namun dalam jangka panjang tidak bisa diandalkan. Atau buatlah konten yang kontroversial sehingga mengundang pengunjung untuk berkomentar. Selain hanya sesaat, namun juga bisa merusak kredibilitas blog kita sendiri.

Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya Yah........................

0 komentar