Mendaftarkan Blog ke Technorati

Diposting oleh Ricky_Jo Blog's | 11:44 PM | 1 komentar »

Seperti yang telah kita bahas di artikel Manfaat SEO, agar situs kita terlihat penting di mata search engine, kita butuh banyak situs lain yang nge-link ke situs kita. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mendaftar ke social media site. Sebenarnya ada banyak social media site tapi kali ini kita akan membahas tentang Technorati.

Technorati merupakan search engine untuk mencari blog, selain itu technorati juga merupakan social media site tempat para user dapat memposting blog. Technorati dapat mendatangkan traffik, tidak hanya di komunitas technorati, tapi juga dari search engine seperti Google dan Yahoo. Technorati merupakan ukuran dari kepopuleran blog. Dengan technorati, kita juga dapat mengetahui bila ada situs lain yang nge-link ke blog kita.

Cara Mendaftarkan Blog ke Technorati:
Untuk mendaftar ke technorati, kita pergi ke situs http://technorati.com. Setelah itu klik sign in atau join. Di sana tertulis bahwa sebagai member technorati kita berhak mengklaim blog kita, membuat personal technorati profile, dan pembaca dari seluruh dunia akan dapat membaca apa yang kita tulis. Technorati bebas biaya membership.

Kemudian isikan nama asli kita (nama depan dan nama belakang), nama member Anda (minimal 4 karakter), email (tulis 2 kali, isi dengan email Anda yang aktif dan masih berfungsi. Email dan confirm email harus diisi dengan alamat email yang sama), password (minimal 6 karakter, tulis 2 kali, harus sama persis). Jika Anda salah dalam mengisi misalkan password dengan confirm password berbeda isinya, maka proses registrasi akan diulang lagi.

Setelah itu ketik kata yang terlihat di layar komputer Anda, lalu centang 'I agree to abide by Technorati's Privacy Policy and Term of Use' dan untuk mengklaim blog Anda centang juga 'I have a blog and would like to claim it now' . Setelah itu klik join.

Untuk proses claim blog Anda, masukkan Url blog kemudian tekan begin claim. Selanjutkan Anda dibawa ke halaman blogger dan ditanya apakah Anda mau menceritakan pada http://technorati.com kalau Anda memiliki blog tersebut. Bila iya, maka Anda akan diminta mengisi data-data tentang blog Anda dan deskripsi singkatnya.

Di Technorati blog sudah digolongkan menurut direktori / topik. Kita dapat melihat blog yang sedang popular, kita juga dapat search mencari blog yang memuat topik tertentu. Bila Anda ingin memasang widget technorati, masuk ke Blogger central, widgets, nah di sana Anda dapat memilih widget yang dapat Anda pasang di blog Anda.

Untuk melakukan Ping! (pemberian isyarat kepada website atau layanan blog tertentu kalau blog kita telah diupdate) dapat dengan cara masuk ke tab Blogger central, lalu masuk ke sub tab ping. Di kotak url isi alamat lengkap blog kemudian klik Ping! Lakukan ping hanya jika Anda mengupdate situs Anda. Bila terlalu sering ping tanpa alasan, bisa dianggap spam. Nah sekarang kita sudah terdaftar pada tehnorati, sudah dapat memanfaatkan layanannya. Kini kita dapat mengetahui siapa saja blog yang mendukung blog kita. Semoga trafik blog Anda makin meningkat.

1 komentar

  1. Bandit Kesiangan // 15 Mei 2009 pukul 09.36  

    thanks buat infonya.. tadi agak bingung juga..