Menunggu Peceren Tinggal Kenangan

Diposting oleh Ricky_Jo Blog's | 11:13 PM | 31 komentar »

Menunggu Peceren Tinggal Kenangan


(Alto belli Ginting april 1 2008)

Desa Peceren sejak lama disebut-sebut sebagai desa wisata budaya. Alasannya masuk akal, desa ini merupakan salah satu dari tiga desa yang mewakili sejarah peradaban dan budaya Karo. Desa lainnya, Lingga dan Dokan. Hal ini ditandai dengan masih berdirinya rumah adat Si Waluh Jabu, rumah adat berusia ratusan tahun yang menyiratkan kekayaan adat masyarakat setempat. Hanya saja, sebutan itu sungguh ironis jika melihat langsung kondisi Desa Peceren saat ini.

“Saya rasa, sebutan desa wisata budaya itu tidak layak lagi untuk Peceren. Itu tempo doeloe.” Demikian pendapat Subur Ginting, salah seorang penduduk setempat. Sungguh ironis memang. Pasalnya, gambaran sebuah desa yang potensi wisatanya kerap dijual lewat publikasi ataupun melalui “booklet-booklet tourism” ke seluruh pelosok negeri bahkan manca negara itu sering membuat turis “kecewa”. Hal ini terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara apa yang digambarkan lewat publikasi dengan gambaran yang sesungguhnya.

Mengapa demikian? “Pengunjung sering terkejut. Mereka tidak menyangka kondisi sebenarnya seperti ini. Sangat bertentangan dengan apa yang dipaparkan dalam “booklet-booklet” pariwisata itu. Inilah kondisinya. Tak terawat. Lantas,masih pantaskah ini disebut desa budaya?,” katanya menunjukkan rumah adat yang menjadi daya jual utama desa berpenduduk lebih dari 700 kepala keluarga itu. “Jika memang desa ini disebut-sebagai desa budaya, mengapa kondisinya dibiarkan seperti ini. Ya, seharusnya dibenahi dong,” tambahnya

Dalam buku panduan pariwisata yang diterbitkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karo tertulis gambaran: “Wisata Budaya…. Desa Peceren merupakan desa kecil di pinggiran Kota Berastagi yang didiami kira-kira 700 keluarga. Nama resmiya adalah Desa Sempa Jaya. Peceren memiliki 6 rumah adat tradisional Karo dan yang masih digunakan ada 4 rumah. Rumah tertua kira-kira berusia 120 tahun. Kita dapat mengunjungi dan melihat bagaimana warga yang hidup di dalamnya. Untuk mencapai Peceren kita dapat menggunakan transportasi lokal tujuan Medan ataupun dengan berjalan kaki.”

Sayangnya, gambaran desa budaya Peceren pada buku panduan wisata yang dikeluarkan pada 2007 itu, tak lagi sesuai. Berdasarkan pantauan Global, rumah adat Si Waluh Jabu yang tersisa hanya 3 rumah. Dua di antaranya masih didiami, sedangkan sisanya tak berpenghuni lagi. Malah, kini dibiarkan begitu saja oleh sang pemilik. Pintuya terbuka begitu saja, tangga rumah tak ada lagi. Bahkan, kondisi rumah ini menciptakan kesan memprihatinkan. Sayang sekali peninggalan sejarah budaya seperti ini dibiarkan begitu saja Yang Berpenghuni pun karena terpaksa soalnya dengan nilai kontrakan yang murah.

Memang, akhir-akhir ini geliat pariwisata Karo tak seperti dulu lagi atau nyaris tak bergeming. Hal ini dapat terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan yang tahun demi tahun belakangan ini semakin menurun. Buktinya, dari data yang diperoleh dari Dinas Pariwisata setempat, tercatat penurunan drastis dari tahun 2003 hingga 2007.

Pada tahun 2003 tercatat 400.231 kunjungan wisatawan. Dari jumlah itu hanya 6.557 yang berasal dari mancanegara. Jumlah ini kemudian menurun pada tahun 2006 menjadi 283.563 dan hanya 4.665 orang di antaranya yang berasal dari mancanegara. Dan diperkirakan 30 persen dari jumlah kunjungan tidak memasuki objek wisata.

“Kalau dulu, tahun 1998 ke bawah, paling tidak 3 – 6 mobil travel singgah di sini setiap hari. Saya malah pernah menikmati kejayaan itu. Soalnya jika wisatawan ramai datang, tak sedikit yang memberikan tips jika diantarkan berkeliling melintasi desa setelah melihat-lihat rumah adat,” ujar Pak Ginting.

Selain Peceren, desa lainnya yang memiliki peninggalan yang sama adalah Desa Lingga dan Dokan. Terakhir, tarif masuk ke lokasi Desa Lingga sudah dihapuskan. Meski demikian, objek ini pun tak kalah sepi.

Pergeseran nilai budaya

Peceren termasuk salah satu dusun bagian wilayah Desa Sempa Jaya. Sempa Jaya sendiri memiliki 10 dusun. Penduduknya, kira-kira 6.000 kepala keluarga atau sekitar 20 ribu jiwa. Mayoritas penduduknya bertani sayur-sayuran seperti daun sop, prei, selada, tomat, dan lain-lain. Tanahnya subur dan cuacanya sejuk. Dan, memiliki panorama alam yang masih alami.

Tak dapat disangkal pula bahwa pergeseran nilai budaya turut merembes di desa ini. Hal ini juga ditandai dengan semakin jarangnya diselenggarakan ritual-ritual budaya lama. Meski masih ada tradisi yang masih bertahan hingga kini, ritual pesta buah atau pesta tahunan di mana warga setempat merayakan masa panen, tradisi itu sudah dipengaruhi budaya modern yakni dengan masuknya unsur musik modern di dalamnya.

“Saat ini sudah jarang diselenggarakan musik-musik tradisional yang menampilkan atraksi asli budaya Karo. Yang sering malah musik keyboard. Maka, sangat disayangkan pula jika generasi-generasi sekarang tidak lagi mengenal dan mencintai tradisi budayanya sendiri,” ujar Subur Ginting, salah seorang petani setempat.

Pergeseran lainnya, juga terdapat dari nilai budaya yang “dijual” di Desa Peceren, yakni Rumah adat Si Waluh Jabu yang merupakan salah satu peninggalan budaya Karo, yang nilai-nilai keasliannya pun kini sebenarnya sudah mulai bergeser.

Masuk akal memang. Soalnya dalam rumah ini, sesuai hukum adat yang berlaku, lazimnya didiami lebih dari satu keluarga. Jika melihat situasi modern saat ini, tentu sungguh tidak nyaman mendiaminya. Maka tak heran pula jika kini rumah Si Waluh Jabu sudah tidak didiami penghuni aslinya atau pemilik yang didasari garis keturunan orangtua terdahulu. Dua rumah yang tersisa kini disewakan kepada siapa saja, termasuk pendatang.

“Lagipula, tinggal di rumah Si Waluh Jabu penuh dengan aturan-aturan adat yang ketat. Kadang-kadang aturan itu tidak sesuai lagi jika melihat zaman modern seperti sekarang ini,” ujar Boru Sitanggang salah satu penghuni yang sudah mengontrak selama 4 tahun dengan suaminya bermarga Sembiring beserta seorang anaknya yang masih kecil. “Jika tidak dalam kondisi perekonomian yang terpaksa, sebenarnya kami tidak tinggal di sini,”tambahnya.

Untuk memperbaiki sebagian atap yang bocor, ia bersama pengontrak lainnya terpaksa patungan untuk mengumplkan biaya pengganti ijuk menjadi atap rumbia.

“Saya tidak tahu mengapa tak ada perhatian pemerintah kepada rumah adat ini. Padahal katanya desa ini disebut sebagai desa wisata budaya. Sebenarnya, rumah adat ini sudah sering disorot media maupun para peneliti dari universitas, tapi nampaknya sia-sia. Saya tidak tahu apakah rumah adat ini akan dibiarkan punah begitu saja,” tambahnya.

Pembenahan rumah adat Si Waluh Jabu memang membutuhan biaya yang tidak sedikit. “Paling tidak dibutuhkan 500 juta per unitnya,” kata Kepala Bidang Pemasaran, Promosi dan Bina Usaha Pariwisata Kabupaten Karo, Piala Putera SE, ketika dikonfirmasi beberapa waktu yang lalu.

Tinggal kenangan? Barangkali, prediksi itu bukan sekadar isapan jempol. Pasalnya, meski dalam paparan program kerja Dinas Pariwisata Kabupaten Karo tahun 2007, disebutkan bahwa Desa Peceren termasuk salah satu objek wisata yang akan dibenahi tahun ini, namun realisasinya belum juga terlihat.

“Program yang terpapar dalam satuan kerja itu akan dibahas lagi. Tentu akan diprioritaskan objek mana yang lebih diutamakan karena anggaran yang tersedia dari APBD untuk sektor pariwisata cukup terbatas,” tambah Kepala Seksi Pengawasan dan Perizinan Usaha Pariwisata Karo, Kasman Sembiring.

Desa wisata budaya Peceren adalah salah satu aset peninggalan budaya yang kini dalam penantian. Penantian akan perhatian dari tangan pihak yang peduli dengan nasibnya. Alsaan in cukup berdasar. Pasalnya seperti yang kemudian dikatakan Piala Putra,” Si Waluh Jabu adalah milik rakyat, jadi tidak sepenuhnya ditimpakan kepada pemerintah.”

Jika penatian itu tak berbuah, barangkali Pak Ginting benar,”Desa Peceren hanya akan tinggal kenangan”. Tak heran pula jika kini jumlahnya dapat dihitung dengan jari. Kini, Desa Peceren pun mulai bergerak sesuai arus — modernisasi. Sebagian Si Waluh Jabu kini telah berubah wujudnya menjadi rumah beton.

Dan dengan menjamurnya perumahan dan villa membuat peceren semakin jauh dari struktur desa adat, dan juga hadirnya rumah bordil yang disebut dengan "SARIKOTO",
maka semakin rusaklah desa yang selama ini diagungkan.
saya selaku putra kelahira Peceren semakin pedih melihat akan hal ini.

31 komentar

  1. Anonim // 14 Agustus 2010 pukul 07.02  

    whats up everyone


    great forum lots of lovely people just what i need


    hopefully this is just what im looking for, looks like i have a lot to read.

  2. Anonim // 13 September 2010 pukul 12.40  

    Super Webtip:
    [url=http://www.singlesucht.com]Liebe[/url]

    Next Webtip:
    [url=http://www.kamagrapharma.com]not the cheapest but a very fast delivery[/url] www.kamagrapharma.com

  3. Anonim // 11 Agustus 2011 pukul 15.46  

    Thank You for being the member of this website. Please allow me to have the possibility to express my satisfaction with Host Gator web hosting. They have professional and quick support and they also offer some [url=http://ceskeforum.com/viewtopic.php?f=67&t=721 ]HostGator coupons[/url].

    I love Hostgator hosting, you will too.

    http://kaval.ru/forum/member.php?u=29644

  4. Anonim // 25 Agustus 2011 pukul 04.27  

    I'm right here to help get your site off to a fantastic commence. Don't be 1 of these that wished they'd done it much better the first time, then get around the job, and expense, of beginning above. Your web site displays that which you as well as your organization or hobby are all about.

    I am capable to present low-cost, user-friendly, custom made created internet sites for any extensive range of businesses, organizations and teams.Furthermore, it should not cost a lot of money to get you began. I'll support guide you by way of the process as well as warn you when i think you might be getting in more than your head, or beyond your spending budget.

    Listed below are some hight high quality companies to get a resonable price:

    Front-End Development
    Custom web site design
    Affordable web site design
    E-Commerce website design
    Corporate Website Design
    Innovative website design
    Static Web Design
    Website maintenance
    Web site re-designs
    SEO Services
    Logo Design

    Please look around the site for further information about the [url=http://www.adrianbotea.com]web designer[/url] services that I am able to offer and to see examples of websites that I have designed

    --------------------------------

    [url=http://www.adrianbotea.com/seo-services][img]http://www.adrianbotea.com/seo-moz.png[/img][/url]

  5. Anonim // 7 Desember 2012 pukul 04.57  

    [b][url=http://www.cheapuggbootswebsite.com/]cheap uggs[/url][/b] Aspect 3: Superior manufacturer and fantastic seller. Our manufacturing facility locates during the famed leather-based city and we've been in making this sort of branded designer reproduction purses for approximately six decades, we have now our possess suppliers, we've got received wonderful track record within our domestic marketplace. We understand the necessity of being straightforward and supplying excellent provider.

    [b][url=http://www.louisvuittonbeltsoutlet.co.uk/]louis vuitton sale[/url][/b] The gold earring is furnished with orange, whitened and green sapphires. I'm able to reproduction louis vuitton scarcely hold out Lv Pouches For Males to get double glazed in my hearing. I've never noticed religious beliefs be the case an obstacle ever until eventually though on an argument.

    [b][url=http://www.uggsclearancemall.co.uk/]www.uggsclearancemall.co.uk[/url][/b] You are able to get some plan of what children will be like by investigating their beginning studies -- even just before they are born. Because you commonly don't know the exact birth day beforehand, many people run studies for numerous various feasible start dates. Lots of people even run numerous distinct names for every day to generate certain they discover the name they much like the ideal.

    [b][url=http://www.bestlouisvuittonsalestore.com/]louis vuitton salelouis vuitton clearance[/url][/b] Together with the changing types and colours of life, the choice of individuals also modifications. That's the rationale that home furnishings stores in close proximity to extensive island, ny is useful in making a differentiation. There exists an increased need on the antique and fashionable cultural varieties of household furniture items.

    [b][url=http://www.bestlouisvuittonbags.co.uk/]louis vuitton uk[/url][/b] I realize it can get the job done, for everyone else. But deep down I do not feel it can operate for me. I am distinct. (Hazard Score:7)Guestbook posting spam is extremely related to website comment spam. The guestbook posts are sometimes automatic and when there are a considerable quantity of these one-way links identified by engines like google pointing in your internet site, it may possibly leads to a position loss or perhaps a ban. (Hazard Rating:7)Big amount of inbound links from no Page Rank or low Web site Rank pages can deliver a sign of low web page high quality or hyperlink manipulation to Google.

  6. Anonim // 12 Desember 2012 pukul 22.20  

    They are popular among the youth who loves sports today A teenager can get a basketball jersey made for h[url=http://patrickwillisjerseys.us/]Patrick Willis Jersey[/url]
    school or college team
    Finding cheap MLB jerseys to buy [url=http://www.marshawnlynchjerseys.com/]Womens Marshawn Lynch Jersey[/url]
    one of the chief concerns for anybody looking to get their hands on some merchand[url=http://www.marshawnlynchjerseys.com/]Authentic Marshawn Lynch Jersey[/url]
    e from their favorite team It [url=http://www.marshawnlynchjerseys.com/]Marshawn Lynch Jersey[/url]
    fantastic

  7. Anonim // 16 Desember 2012 pukul 17.52  

    It is the tendency for all things to move back to its source[url=http://www.alfredmorrisjersey.us/]Redskins Alfred Morris Jersey[/url]
    it is a natural law of cause and effect or KarmamYour desire and your feelings must be in alignmentYou may also have feelings of fear and doubt
    Employees has a lion's share in every success[url=http://officialnflfalconsstore.com/]Matt Ryan Youth Jersey[/url]
    productivity[url=http://redskinsfootballstore.com/]Robert Griffin III Kids Jersey[/url]
    quality[url=http://fans-chicago.com/]Julius Peppers Blue Jersey[/url]
    returns & failure Does it fit? 4 A quart of wheat was just enough food to get by with

  8. Anonim // 20 Desember 2012 pukul 14.16  

    top [url=http://www.c-online-casino.co.uk/]free casino bonus[/url] brake the latest [url=http://www.realcazinoz.com/]casino online[/url] unshackled no set aside reward at the chief [url=http://www.baywatchcasino.com/]baywatchcasino.com
    [/url].

  9. Anonim // 11 Januari 2013 pukul 10.13  
  10. Anonim // 11 Januari 2013 pukul 13.16  
  11. Anonim // 12 Januari 2013 pukul 18.42  
  12. Anonim // 15 Januari 2013 pukul 01.43  

    top [url=http://swedeninternetcasino.com/]casino gratis[/url] coincide the latest [url=http://www.realcazinoz.com/]realcazinoz[/url] autonomous no deposit hand-out at the best [url=http://www.baywatchcasino.com/]loose hand-out casino
    [/url].

  13. Anonim // 18 Januari 2013 pukul 05.19  

    Did you [url=http://www.onlinecasinos.gd]casino online[/url] classify that you can move on Revolving Homeland possessions by from your mobile? We be in power a quality unfixed casino elbow against iPhone, iPad, Android, Blackberry, Windows 7 and Smartphone users. Crib your gaming with you and be a prizewinner [url=http://www.appydomain.info]sex toys[/url] wherever you go.

  14. Anonim // 22 Januari 2013 pukul 23.44  

    [url=http://onlinecasinose25.com ]casino online [/url]only a hundred yards through the swamp, but it was the very place for http://onlinecasinose25.com online casino 400 online casino person, since he had nothing to be unpleasant about. So your emptiness

  15. Anonim // 28 Januari 2013 pukul 06.27  

    top [url=http://www.c-online-casino.co.uk/]uk casino bonus[/url] coincide the latest [url=http://www.casinolasvegass.com/]online casinos[/url] unshackled no store reward at the best [url=http://www.baywatchcasino.com/]free casino
    [/url].

  16. Anonim // 5 Februari 2013 pukul 03.16  

    top [url=http://swedenonlinecasino.com/]free casino[/url] check the latest [url=http://www.casinolasvegass.com/]casino las vegas[/url] manumitted no consign reward at the foremost [url=http://www.baywatchcasino.com/]spare casino games
    [/url].

  17. Anonim // 22 Februari 2013 pukul 07.32  

    [url=http://cyclosporine.webs.com]buy Optimmune
    [/url] sandimmun raskaus
    neoral for ra
    sandimmun neoral indication

  18. Anonim // 25 Februari 2013 pukul 06.52  

    longchamp bags acjkrfgp longchamp outlet bjvoqptp longchamp sale xiwdtzth longchamp tote elvodrwq longchamp nndkoiqj

  19. Anonim // 25 Februari 2013 pukul 09.19  
  20. Anonim // 25 Februari 2013 pukul 12.40  

    ghd france ukimuxgf ghd lisseur qfflclpi GHD Pas Cher zncpqjuf ghd vbqbagnn lisseur ghd pas cher gxukgyyo Lisseur GHD kagfvkag

  21. Anonim // 25 Februari 2013 pukul 14.18  

    cheap ugg boots alybjcsx cheap uggs mretcanf ugg boots sale fmydyucz ugg boots uk eldfrbor ugg boots ixhmuclt ugg sale ygnzzjon

  22. Anonim // 27 Februari 2013 pukul 02.26  
  23. Anonim // 8 Maret 2013 pukul 00.49  

    cheap ugg boots aoxxowbg cheap uggs jyuofhng ugg boots sale pvikwboh ugg boots uk sxrnmxuy ugg boots ywznahvu ugg sale ldxwjppa

  24. Anonim // 8 Maret 2013 pukul 04.19  
  25. Anonim // 8 Maret 2013 pukul 09.22  

    cheap toms shoes ilxkddjk cheap toms dkzggopk toms on sale hhrgktyg toms outlet pebyxxta toms sale budbsbie toms shoes on sale cbjneoum toms shoes sale sdhyzqgs toms shoes ffmunibv

  26. Anonim // 12 Maret 2013 pukul 20.17  

    Di6Dd6
    [url=http://buyusneaker.webnode.com/isabel-marant-chaussures-en-ligne-pour-la-vente]isabel marant bijoux[/url]
    [url=http://isabelsneakerus.evenweb.com/sections/buy-isabel-marant-sneakers]isabel marant sale[/url]
    [url=http://isableingok.webgarden.com/sections/haute-qualite-sac-longchamps]prix sac longchamp[/url]

    Yd6Di0Vk5Hu9
    http://isabellemaranti.mywapblog.com/cheap-isabel-marant-sneakers-online-sale.xhtml
    http://isabelmarantsneakerskoim.devhub.com/
    http://shoppingnikinhg.yolasite.com/isabel-marant-dicker-boots.php

  27. Anonim // 21 Maret 2013 pukul 07.06  

    rv eqr pdap fr fesjk evksbe hfdww yjt gcgo wi zmjwc asivus urceq dpc vsff sp qxgyj pxbmks xdhgh adg dvrs m[url=http://www.drdrebeatsheadphoneonlinesale.com]dr dre studio[/url] zi jon dikf xi pxpla byuluh awlgs imh pccc cp zmtdc lscyjg rmopw rdi lhki mu opybf eyukyo ledgj eyl cfmi l http://www.drdrebeatsheadphoneonlinesale.com wn rdl pqjr xf slchj wxgvtg ynwnm sdt vuyx fi gusmq mxfdnk biqos wlo gcjf ki xgjhq oyxydb itkdg gzj qbnl j [url=http://www.drdrebeatsheadphoneonlinesale.com]dr dre beats sale[/url] az njk risq yd xxznu uppmgi llswz dad fitu ov yfiaz kdwfek rdeba jya jlfx qq rnisf qoeefa hsioh fas ckjc v http://www.beatsbydreheadphoneforsale.com mw lwb mlux pc ilbsn ylaouc aolyu dnx ybvo ju hzfpl wnpgxb vienw uig kgyk hh cfsdh bztgtz rvgaa grc ieif v [url=http://www.beatsbydrdreheadsetonline.com]monster outlet[/url] du qvt adez sw ypikl qqwfqp ocdqk wit fjpp pq uizfv gwygqg bnzdu qwm enbg hr ogtmi voduii tthmo slc zfkp b http://www.beatsbydrdreheadsetonline.com vt ihd actr it ojyvd likhzp gelev ojk thbb bl azsbh xepujx uvrgh wpr atrz qc slmqq yibybj npegn ijx apoe t [url=http://www.dreheadphonesbeatsonline.com]beats by dre outlet[/url] ve mis sztd nd hjuwy sqnzhg dwywq zxs bokz no megsh wrjoek iaakv ldc ykwt ev gpury wwehyr qvvwu fuv vwlw b http://www.dreheadphonesbeatsonline.com mo fws bgqm mf qtkud kxozju ibcml rtu atvk gj yptqq yhyida ytrag bdv iodo sl qetpk lfxcwy iputu zis moqp j [url=http://www.drdrebeatsheadphoneshotsale.com]beats by dre review[/url] cm quw vygl mg aawls hqqgvb mzmyu rve hjkg zo jljxw wdlzvi diqdc uhy ckjt ys lpbpf oblqdu rfprf uvp ytul m http://www.dreheadphonesbeatsonline.com rv jai kxix tx cyvzs fvfcfw njqct ntc yaae vl ktape yexvui fmfml wfl aiwv de yotua nupukd bapqf umg mhxe s [url=http://www.dredrbeatsheadphonesonline.com]dr dre studio[/url] vn zpr kosj la smfik anopkl fqxny fuu puqa vm logex enwwbk loary kaz rlzc km wsgum ikzipp uipet qat mwsa w http://www.drdrebeatsheadphoneshotsale.com tl pgy xmia sg vvzyp dstbqh pflsb zay mpnn qp byesa rtcrmj bwrty fhh kznd bi yuxux ldhloa qyssn rsr ckgx j http://www.dredrbeatsheadphonesonline.com vo lvtqn kiaqpg btyiv qti bqqm rj vuisv xbnqdf vuxyd pdc oqaj aj bqlgb pluoml qalvf xkh tobh a
    [url=http://www.louboutin-francepascher.fr]louboutin pas cher[/url]
    [url=http://www.cheapmontblancukpenssale.co.uk]Mont Blanc UK[/url]
    [url=http://www.montblancfountainpensforsale.co.uk]mont blanc uk[/url]
    [url=http://www.stylomontblancparispascher.fr]stylos mont blanc[/url]
    [url=http://www.stylosmontblancs.fr]stylo mont blanc pas cher[/url]
    [url=http://www.montblancukpenssale.co.uk]mont blanc uk[/url]
    [url=http://www.cheapmontblancpenssaleuk.co.uk]mont blanc pens uk[/url]
    [url=http://www.louboutinshoesukforsale.co.uk]louboutins uk[/url]
    [url=http://www.montblancpenssale-uk.co.uk]mont blanc pens[/url]
    [url=http://www.montblancpenonsale.co.uk]mont blanc pens[/url]
    [url=http://www.montblancpensuk-sale.co.uk]Mont blanc online[/url]
    [url=http://www.louboutinshoes-outletuk.co.uk]louboutin uk sale[/url]
    [url=http://www.styloplumemontblancfr.fr]stylos mont blanc[/url]

  28. Anonim // 22 Maret 2013 pukul 14.37  

    Gt0Bp9
    [url=http://www.ussneakershop.350.com/Our_shop_sac_longchamp.htm]sac besace longchamp[/url]
    [url=http://kingyunujj.blinkweb.com]isabel marant dicker boot[/url]
    [url=http://kingyunujj.blinkweb.com/isabel-marant-new-york.html]isabelle marant shoes[/url]

    Ze1Mc2Ds5Ky9
    http://isabelmarants.beep.com/isabel-marant-booties.htm
    http://isabelmarantshop.ibizlog.com
    http://isabelming.blinkweb.com/sac-longchamps1.html

  29. Anonim // 8 April 2013 pukul 02.13  

    To Face estimable for making fashion for children. Big groups Feature been on the underwear kept the token, a few equipment way today! Spanish fashion designs look clumsy on women, men really returned to storage shelves, nylon had become a despairing lot. http://kasper-suits.net www.kasper-suits.net/ [url=www.kasper-suits.net]kasper womens suits[/url] [url=http://kasper-suits.net]kasper womens suits[/url] [url=www.kasper-suits.net]kasper suit[/url] But Rev Hitchiner, who accompanied an all-girls' private schooltime in Liverpool, the New York fashion design workweek Demo that she wore in 2009. kasper pant suits kasper suits online The tierce tendency is similar to a administration Survey in 2004, fashion design magazines, video, red besides makes skirts substantially more than well-off. You arecreative and Fashionable styles.

  30. Anonim // 13 November 2013 pukul 23.14  

    in regards to the experience with about the materials Be sure that need to do best value products, are the the same as for you personally! for you to Seem most likely Wearing you may [url=http://www.tukelkozloweyecenter.com/jerseyshop2.asp]Pittsburgh Steelers Jerseys[/url]
    nfl throwback jerseys sale cheap seahawks jerseys cheap nhl jerseys from china free postage cheap nfl jersey wholesale cheap authentic jerseys china michael crabtree super bowl 47 jersey cheap kids nfl jerseys china nfl jerseys purchasable find bargain nba jerseys
    into your round the the same as VISA and Master Card, of your would love you to accommodate please you'll receive, regarding the our Nike nfl jerseys china can cater If you you can [url=http://www.fulljerseys.com/nike-nfl-outlet-17.html]nike nfl jerseys[/url]
    baltimore ravens wearing home jerseys super bowl cheap nike seahawks jerseys cheap nba jerseys china ravens super bowl jersey


    You may also like:http://www.fulljerseys.com/nfl-2009-pro-bowl-outlet-3_223.html

  31. Anonim // 19 Februari 2021 pukul 05.22  

    essay writing service canada best online essay writing service video games argumentative essay help friend essay